Kompas.com - 12/03/2013, 13:33 WIB
|
EditorKistyarini

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Lurah Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Tedi Sutardi mengatakan, 30 karung beras miskin (raskin) berkualitas buruk yang dikembalikan warganya telah diganti dengan beras paling bagus oleh pihak Dolog.

Padahal, kata Tedi, biasanya raskin yang dibagikan tiap bulan adalah beras dengan kualitas sedang. "Sudah ramai gini, baru diganti dengan beras yang kualitas bagus. Soalnya, kelihatan bulir berasnya puting bening dan berbeda dengan beras raskin biasanya yang bulir putihnya agak kusam," terang Tedi kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2013).

Tedi menambahkan, raskin yang mirip nasi aking itu diganti setelah pihak Kelurahan melaporkannya kepada Dolog Tasikmalaya. Penggantian beras itu telah disalurkan kembali kepada seluruh warga yang telah mengembalikan beras mirip nasi aking pada Senin (11/3/2013).

"Soalnya kan kita (kelurahan) hanya sebagai penyalur saja. Jadi kami tidak bertanggung jawab dengan kualitas beras raskin tersebut. Alhamdulillah, kemarin Dolog langsung menggantinya," tambah Tedi.

Diberitakan sebelumnya, ratusan warga memprotes kualitas beras raskin yang mirip nasi aking dan mengembalikan 30 karung dari 982 karung raskin seluruhnya ke kelurahan setempat.

Mereka enggan menerima bantuan raskin yang per kilogramnnya dibeli seharga Rp 1.600. Pasalnya, saat dimasak, nasi itu tidak mau berubah jadi nasi, serta buliran berasnya berwarna kuning.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Dolog Tasikmalaya, selaku penyalur bantuan raskin dari pemerintah, terkait raskin berkualitas jelek dan mirip nasi aking tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.