Kompas.com - 09/03/2013, 21:53 WIB
EditorFarid Assifa

MEDAN, KOMPAS.com -- Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumatera Effendi MS Simbolon-Djumiran Abdi atau "ESJA" menyatakan siap menggugat kalau pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi dinyatakan menang.

"Gugatan dilakukan karena hasil perhitungan manual tim, ESJA yang unggul, bukan pasangan Gatot seperti hasil perhitungan cepat," kata Kepala Biro Bantuan Hukum (BBH) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan, di Medan, Sabtu (9/3/2013).  

Pasangan yang diusung PDIP, PPRN dan PDS ini beradasarkan perhitungan, meraih suara 32 persen, sedangkan pasangan Gatot 29,7 persen. Perhitungan ini dilakukan di 33 kabupaten/kota di Sumut.  

Suara terbanyak itu terdapat di Kabupaten Dairi, Kota Gunung Sitoli, Humbang Hasundutan, Karo, Nias Selatan, dan Nias.

Setelah itu, Kabupaten Nias Barat, Nias Utara, Pakpak Barat, Pematang Siantar, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli. Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah dan Toba Samosir.

"Bayangkan dengan jumlah partisipasi pemilih sebesar 50 persen saja pasangan ESJA meraih angka sebesar ini. Bagaimana jika pemilih ESJA seluruhya diberikan hak pilihnya," kata Arteria.  

Mengenai  surat suara yang tidak sah, tim pemenangan pasangan ESJA menginginkan perlunya dihitung ulang. "Tim ESJA siap menggugat ke Mahkamah Kontitusi lengkap data akurat kecurangan," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.