Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi Rendah di Pilgub Sumut Jadi PR

Kompas.com - 08/03/2013, 05:09 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri prihatin atas rendahnya tingkat partisipasi pemilih yang tidak sampai 60 persen pada Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2013-2018.

Hal tersebut diisyaratkan Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) A Tanribali Lamo ketika meninjau ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Kamis.

Dirjen Kesbangpol atas nama Mendagri, turun langsung meninjau pelaksanaan pemungutan suara bersama Deputi Politik Dalam Negeri Kemenkopolhukam Yudi Heriyanto, Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik, Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro.

Mayoritas TPS di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang dikunjungi rombongan secara teknis benar-benar siap melaksanakan pemungutan suara, sehingga berjalan lancar, aman dan kondusif.

Namun, menurut pantauan Dirjen dan rombongan yang keliling di lapangan, sampai saat penghitungan suara, tingkat partisipasi masyarakat pemilih di beberapa TPS tidak sampai 60 persen.

Menurut Dirjen Kesbangpol, kondisi ini hendaklah menjadi perhatian dan "warning" bagi semua pihak dan ini merupakan tanggung jawab bersama agar ke depan tingkat partisipasi itu dapat ditingkatkan, terutama dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014.

"Ini hendaklah menjadi ’PR’ bersama karena di sejumlah TPS menggambarkan tingkat partisipasi yang rendah. Dalam hal ini perlu dipelajari apakah masyarakat jenuh atau sosialisasi yang kurang atau pendidikan politik masyarakat belum efektif," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com