Kompas.com - 08/03/2013, 05:09 WIB
EditorA. Wisnubrata

MEDAN, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri prihatin atas rendahnya tingkat partisipasi pemilih yang tidak sampai 60 persen pada Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2013-2018.

Hal tersebut diisyaratkan Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) A Tanribali Lamo ketika meninjau ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Kamis.

Dirjen Kesbangpol atas nama Mendagri, turun langsung meninjau pelaksanaan pemungutan suara bersama Deputi Politik Dalam Negeri Kemenkopolhukam Yudi Heriyanto, Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik, Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro.

Mayoritas TPS di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang dikunjungi rombongan secara teknis benar-benar siap melaksanakan pemungutan suara, sehingga berjalan lancar, aman dan kondusif.

Namun, menurut pantauan Dirjen dan rombongan yang keliling di lapangan, sampai saat penghitungan suara, tingkat partisipasi masyarakat pemilih di beberapa TPS tidak sampai 60 persen.

Menurut Dirjen Kesbangpol, kondisi ini hendaklah menjadi perhatian dan "warning" bagi semua pihak dan ini merupakan tanggung jawab bersama agar ke depan tingkat partisipasi itu dapat ditingkatkan, terutama dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014.

"Ini hendaklah menjadi ’PR’ bersama karena di sejumlah TPS menggambarkan tingkat partisipasi yang rendah. Dalam hal ini perlu dipelajari apakah masyarakat jenuh atau sosialisasi yang kurang atau pendidikan politik masyarakat belum efektif," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.