Kompas.com - 03/03/2013, 15:34 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MANADO, KOMPAS.com - Keluarga korban yang tertimbun di lubang tambang emas berkedalaman 30 meter di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara bersitegang dengan petambang. Keluarga berharap kedua korban segera ditemukan, Minggu (3/3/2013).

Sementara para petambang dan warga sekitar yang membantu upaya pencarian masih kesulitan menembus titik di mana kedua korban tertimbun. "Setiap kali kami keluarkan material, ada saja material baru yang longsor dan menimbun jalan yang sudah dibuat," ujar salah satu pekerja yang menggali lubang.

Upaya penggalian secara manual dilakukan karena lubang sangat sempit. Hanya berdiameter sekitar 30 cm. Material tanah yang menutupi permukaan lubang dikeluarkan dengan menggunakan tali yang ditarik ke atas. "Sudah tiga hari kami lakukan upaya pencarian, tetapi belum juga menemukan kedua korban, begitu juga belum ada tanda-tanda kedua korban masih hidup atau sudah mati," ujar Kasi Ops Tim SAR Manado Jefri Mewo, S.Pd.

Kini pemilik lubang dan para petambang sedang mengusahakan alat berat berupa ekskavator untuk membantu penggalian lubang. Tetapi kondisi lahan yang penuh lubang dan labil menjadi pertimbangan lain. "Sangat berisiko jika harus mendatangkan alat berat. Getaran alat berat bisa membuat tanah di permukaan ambruk ke bawah dan akan menimbulkan masalah baru," ujar salah satu petambang dengan nada khawatir.

Kondisi ini membuat keluarga korban terlihat bersitegang dengan para petambang. Hari ini ratusan keluarga dan kerabat korban dari Desa Pinabetengan, Minahasa datang di lokasi kejadian. Istri dan anak-anak dari Ari Ratu Manua serta keluarga lainnya terlihat sudah berada di lokasi.

Demikian pula keluarga Bryan Telew. Ari dan Bryan terjebak di lubang sejak Jumat (1/3) siang ketika sedang menggali mencari emas. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X