Pantai Terabrasi 12 Kilometer

Kompas.com - 26/02/2013, 02:45 WIB
Editor

Slawi, Kompas - Abrasi terus melanda pesisir pantai utara Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Dari tahun ke tahun, pantai yang terabrasi semakin panjang. Selain menimpa kawasan pantai yang berdekatan dengan permukiman, abrasi juga melanda kawasan pantai wisata, yaitu objek wisata Purwahamba Indah di Kecamatan Surodadi.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Obyek Wisata Purwahamba Indah Adi Priono, Senin (25/2), pada Desember 2012, empat gazebo yang ada di obyek wisata itu hancur terkena ombak. Lebar daratan pantai hilang sekitar 12 meter sepanjang 350 meter. ”Air laut sempat sampai (menyentuh) aspal jalan yang berada di kawasan obyek wisata,” ujarnya.

Dari pantauan di wilayah Purwahamba, sebagian tanaman di pinggir pantai juga rusak dan mengering setelah tersapu ombak. Meskipun demikian, saat ini gerusan ombak sudah mulai berkurang sehingga pasir pada pinggir pantai mulai terlihat lagi.

Berdasarkan data Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, saat ini dari panjang pantai di daerah itu yang mencapai 30 kilometer, sepanjang 12 kilometer terkena abrasi dengan luas sekitar 46 hektar. Panjang pantai yang terabrasi meningkat jika dibandingkan dengan 2008 yang hanya sekitar 10 kilometer.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Tegal Khofifah mengatakan, titik terparah abrasi, antara lain, di wilayah Maribaya dan Munjungagung di Kecamatan Kramat serta wilayah Bojongsana dan Purwahamba di Kecamatan Surodadi. Upaya yang ditempuh di antaranya menanam bakau serta pembuatan sabuk pantai dan bangunan pemecah gelombang.

Tahun ini akan ditanam 15.000 pohon bakau dan 1.000 cemara laut. Namun, upaya vegetasi pantai masih terkendala kelanjutan perawatan. Keberhasilan penanaman sekitar 80 persen. ”Dibutuhkan orang yang mau peduli merawat bakau,” ujarnya. (WIE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.