Kompas.com - 22/02/2013, 12:10 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDUNG, KOMPAS.com - Menyusul peningkatan status Gunung Tangkubanparahu menjadi "Waspada" akibat aktivitas tremor dan keluarnya abu vulkanik, belum ada tim yang memeriksa keberadaan gas beracun yang diduga ikut keluar. Pemeriksaan juga tertunda karena angin bertiup kencang sehingga membuyarkan konsentrasi gas.

"Belum terdeteksi belum berarti tidak ada," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, Jumat (22/2/2013).

PVMBG meningkatkan status Gunung Tangkubanparahu sejak hari Kamis (21/2) pukul 22.30. Salah satu rekomendasinya adalah meminta areal seluas 1,5 kilometer dari Kawah Ratu agar dikosongkan.

Surono mengakui adanya permintaan dari pedagang untuk kembali mendekati kawah. Alasannya, mereka ingin mengamankan barang dagangan di kios yang ditinggalkan sejak semalam.

Permintaan tersebut dipenuhi oleh PVMBG, ujar Surono, dengan syarat para pedagang didampingi tim yang membawa detektor gas. Bila ada peningkatan aktivitas yang mencurigakan, rombongan harus kembali.

"Dibelakang mereka juga ada tim lagi yang membawa detektor gempa. Bila ada tremor semuanya harus kembali dengan segera," kata Surono.

Hingga kini, PVMBG belum memastikan status gunung ini kembali diturunkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.