Kompas.com - 13/02/2013, 16:41 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter Jabodetabek akan menerapkan tiket elektronik pada 24 stasiun lintas Bogor-Jakarta. Tiket elektronik tersebut akan diberlakukan mulai Maret 2013 dan hanya berlaku pada perjalanan KRL commuterline.

Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk peningkatan infrastruktur dan sistem otomatisasi kontrol penumpang. "Namun untuk sementara waktu, program tersebut hanya berlaku pada perjalanan KRL commuterline. Sementara, untuk perjalanan KRL ekonomi masih menggunakan tiket kertas atau konvensional," kata Tri dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Pada tahap pertama, penerapan e-ticketing hanya berlaku untuk jenis tiket single trip atau tiket satu kali perjalanan. Penerapan e-ticketing secara menyeluruh di lintas Jabodetabek akan dilakukan pada Mei 2013 yang diikuti dengan pemberlakuan jenis tiket multitrip atau tiket isi ulang dengan menggunakan sistem potong saldo untuk setiap perjalanan yang dilakukan.

Untuk menerapkan tiket elektronik tersebut, KAI dan KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan pemasangan 307 perangkat gate elektronik untuk pintu masuk dan keluar serta pemasangan 270 perangkat otomatisasi sistem pada loket yang terdapat di 60 stasiun Jabodetabek. Jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan.

"Kami mendukung rencana pemerintah untuk mewujudkan program integrasi antar moda dan sistem pembayaran elektronik (e-money)," ujarnya.

Program tiket elektronik dijalankan melalui kerja sama dengan PT Telkom, khususnya dalam pengelolaan sistem tiket elektronik. Sebagai mitra, PT Telkom akan melakukan pemeliharaan dan pengoperasian sistem tiket elektronik meliputi hardware, software, infrastruktur, serta melakukan pemeliharaan perangkat tiket elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.