Kompas.com - 12/02/2013, 12:20 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

LUWU TIMUR, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan ratusan warga Towiti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan yang menuntut perusahaan tambang nikel PT Vale membayar ganti kerugian akibat lahan yang tengggelam, masih berlanjut.

Seperti hari sebelumnya, Selasa (12/2/2013) ini pun, warga kembali menutup pertigaan jalan poros menuju ke lokasi pertambangan. Tak hanya itu, warga juga melakukan sweeping terhadap kendaraan milik karyawan PT Vale. Akibatnya, ratusan karyawan tak bisa masuk ke tempat mereka bekerja.

Aksi unjuk rasa ini merupakan buntut dari perkara yang terjadi sejak tahun 1975 silam, saat pembangunan dam pembangkit listrik (PLTMH Larona) mengakibatkan lahan milik warga sekitar hilang dan tenggelam. Akibat belum ada tanggapan dari manajemen PT Vale, warga pun kini  melanjutkan aksinya.

Menanggapi aksi ini, external relations PT. Vale Iskandar Siregar yang dihubungi pagi ini melalui sambungan telepon, hanya mengatakan, yang berhak memberikan tanggapan adalah pimpinan PT Vale. "Itu wewenang atasan, jadi pertanyaannya diajukan via email ya," kata Iskandar.

Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk. Nico Kanter, semalam telah mengirimkan siaran pers yang hanya mengharapkan agar aksi demonstrasi warga tidak anarkistis. "Kami senantiasa membuka pintu dialog untuk mencari solusi yang terbaik bagi semua pihak," ungkap Nico dalam siaran pers tersebut.

Sebelumnya, warga pendemo merasa dibohongi atas janji pihak perusahaan yang konon akan memberikan kompensasi, namun tak kunjung terealisasi. Saharuddin, selaku kordinator aksi, pagi ini mengatakan, warga akan terus menggelar aksi hingga pihak perusahaan melunasi kewajibannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.