Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Kompensasi Lahan, Warga Demo PT Vale

Kompas.com - 11/02/2013, 10:53 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU TIMUR, KOMPAS.com - Tak kurang dari 500 warga Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Senin (11/2/2013) menggelar aksi unjuk rasa di di pertigaan jalan poros menuju ke lokasi pabrik PT. Vale. Demonstrasi ini digelar sebagai bentuk protes terhadap perusahaan tambang nikel itu, yang tak kunjung membayar ganti kerugian atas tenggelamnya lahan persawahan warga.

Dalam orasinya, warga meminta agar PT Vale segera membayarkan dana kompensasi lahan pertanian dan persawahan yang tenggelam akibat pembuatan Dam Pembangkit listrik larona milik PT Vale. "Seharusnya pihak perusahaan telah membayarkan dana kompensasi atas kerugian yang dialami warga, karena persoalan ini sudah lama. Namun hingga kini perusahaan hanya menjanji saja," ungkap Sahruddin, selaku kordinator aksi.

Sahruddin menambahkan, jika persoalan tenggelamnya ribuan lahan persawahan dan kebun warga terjadi sejak tahun 1975 silam. Namun disayangkan, hingga kini pihak perusahaan seolah mengabaikan kewajibannya untuk membayar kompensasi. Menurut dia, selama ini pihak perusahaan selalu menjanjikan lewat pertemuan, namun janji tersebut tidak direalisasikan.

Pendemo mengancam, jika saja tuntutan kami tidak digubris, maka aksi ini akan terus berlanjut. Saat ini warga mendirikan tenda di lokasi aksi, tenda tersebut didirikan untuk bertahan melanjutkan aksinya hingga tuntutan mereka dipenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com