Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Gusur Sekolah

Kompas.com - 09/02/2013, 03:01 WIB

SEMARANG, KOMPAS - Kegiatan belajar-mengajar Sekolah Dasar Negeri Klepu 01 dan Taman Kanak-kanak Mekar Sari di Desa Klepu, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terpaksa dialihkan di kompleks kantor desa dan madrasah. Kondisi ini dialami siswa karena bangunan kedua sekolah yang lama telah dibongkar untuk pembangunan jalan tol Ungaran-Bawen, tetapi pembangunan gedung sekolah yang baru hingga kini belum selesai.

SDN Klepu 01 dan TK Mekar Sari adalah dua dari lima sekolah yang terkena relokasi akibat proyek tol Ungaran-Bawen. Kedua sekolah itu belum juga direlokasi walaupun proyek sudah berjalan lebih dari satu tahun. Pembangunan gedung baru yang letaknya tak jauh dari sekolah lama hingga kini masih berlangsung.

Jumat (8/2), sebagian ruangan SDN Klepu 01 kosong, terutama ruang kepala sekolah dan perpustakaan. Buku-buku dimasukkan ke dalam karung. Meja dan kursi di beberapa ruang kelas sudah tak tampak lagi.

Kegiatan belajar-mengajar hanya berlangsung di dua kelas, kelas V dan VI. Siswa kelas I-IV diungsikan ke kompleks kantor desa dan madrasah yang berdekatan dengan SDN Klepu 01.

Guru kelas II SDN Klepu 01, Riyanto, mengakui, ruangan kantor, kelas I, II, dan perpustakaan akan dibongkar. ”Kelas III dan IV pindah Jumat ini. Kelas I dan II pindah Kamis lalu. Kelas V dan VI sementara bertahan. Kelas VI akan ujian. Kasihan jika terganggu,” ujarnya.

Waligi, Ketua Tim Pengadaan Tanah Tol Ungaran-Bawen, menuturkan, sebagian bangunan sekolah di bagian barat harus dirobohkan. Lokasi itu akan digali.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang Astuti mengingatkan, kontraktor harus membangun pagar lebih dahulu sebelum merobohkan bangunan agar tidak mengganggu siswa yang masih bertahan di sekolah. (uti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com