Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Audit Dana Pengamanan Pilgub Sulsel

Kompas.com - 07/02/2013, 15:01 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulselbar Komisaris Besar Endi Sutendi mengatakan, Polri telah menerjunkan tim pemeriksa dari Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Wilayah V untuk melakukan audit atas dana pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel.

Tim yang sama juga akan mengevaluasi netralitas Polda Sulselbar, menyusul adanya dugaan keberpihakan pada salah satu pasangan calon gubernur yang mengganggu kinerja kepolisian.

Endi mengatakan, pemeriksaan ini pun berkaitan dengan komitmen Kepala Polda Sulselbar Irjen Mudji Waluyo yang sempat mengaku siap diperiksa secara internal ataupun eksternal. "Jadi, ada tim pemeriksa dari Polri, yakni Irwasum, sebanyak lima orang yang dipimpin Brigadir Jenderal Robby Kaligis. Pemeriksaan ini terkait dana pengamanan Pilgub Sulsel dan netralitas Polda Sulselbar yang berlangsung dua hari hingga tanggal 9 Februari 2013," ungkapnya.

"Semua polres di jajaran Polda Sulselbar juga ikut diperiksa terkait dana pengamanan pilgub dan netralitas kepolisian," ungkapnya. "Kita juga minta pendampingan dari BPKP terkait dana Pilgub Sulsel," sambung Endi.

Pemeriksaan tim Irwasum diawali di Markas Polda Sulselbar di lantai 2, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. Dalam pemeriksaan secara tertutup itu, hadir Kepala Polda Sulselbar, semua kapolres, dan kepala bagian keuangan di jajaran Polda Sulselbar. Dana pengamanan Pilgub Sulsel diketahui senilai Rp 38,9 miliar, dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sulsel tahun 2012 dan 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com