Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ringkus Pencuri Spesialis Brankas

Kompas.com - 04/02/2013, 10:42 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Sektor Metro Jagakarsa, Jakarta Selatan berhasil meringkus komplotan pelaku spesialis pencurian brankas, Minggu (3/2/2013). Pelaku berjumlah tiga orang. Ketiganya ditangkap di dua tempat berbeda di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Kepala Polisi Sektor Metro Jagakarsa, Kompol M Arsalam mengatakan, penangkapan para tersangka berawal dari diamankannya Agus Setiawan, salah satu anggota komplotan pelaku pencurian itu di wilayah Kelapa Nunggar, Bogor. Dari pemeriksaan terhadap Agus, petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Ening Onjok dan AAN Suryana di wilayah Jonggol, Bogor.

Arsalam mengatakan, para pelaku pencurian yang diringkus itu berdasarkan hasil penyelidikan dan pengejaran petugas sejak Sabtu (2/2/2013). Menurut Arsalam, mereka diburu lantaran sebelumnya pernah beraksi di wilayah Jagakarsa dan sejumlah wilayah lainnya.

"Menurut keterangan masing-masing, para tersangka pernah melakukan aksi sebanyak sembilan kali di empat wilayah Bogor, Indramayu, Cileungsi dan Citeurup. Penangkapan mereka ini juga berdasarkan laporan dari salah satu nasabah Pegadaian yang ada di Poltangan yang pernah jadi korban pencurian," kata Arsalam, Senin (4/2/2013).

Selain itu, kata Arsalam, para tersangka juga sering melakukan tindak kekerasan terhadap korbannya dengan mengancam menggunakan senjata tajam saat melancarkan aksi. "Mereka tidak segan-segan melukai korban, dengan mengancam menggunakan senjata tajam," ujar Kapolsek.

Para tersangka saat ini mendekam di balik jeruji Polsektro Jagakarsa. Dari tangan mereka, petugas kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti, di antarannya, sebilah sangkur, perhiasan warna perak berupa sebuah kalung, liontin, cincin, gelang dan 4 BPKB motor. Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan terkait aksi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com