Kompas.com - 04/02/2013, 06:40 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SEMARANG, KOMPAS.com — Pemilihan Gubernur Jawa Tengah kini jadi fokus perhatian DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Terdapat nama-nama kandidat calon gubernur, yang tengah memperebutkan rekomendasi dari DPP PDI-P, yakni Rustriningsih (Wakil Gubernur Jateng), Ganjar Pranowo (anggota DPR RI), dan Hadi Prabowo (Sekda Jateng).

Namun oleh banyak kalangan, peluang Rustriningsih kemungkinan lebih besar dibanding rivalnya.

Penetapan DPP PDI-P yang hanya fokus pada kandidat calon gubernur dari kalangan sipil, menurut pengamat politik FISIP Universitas Diponegoro, Semarang, M Yulianto, Minggu (3/2/2013), mengubah paradigma kepemimpinan selama 30 tahun di Provinsi Jawa Tengah yang seolah merupakan hak prerogatif dari kalangan militer.

"Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 akan menjadi sejarah bagi masyarakat Jawa Tengah karena bisa saja muncul pemimpin dari kalangan sipil," ujar Yulianto di Semarang, Jawa Tengah.

Di kalangan internal PDI-P di Jawa Tengah, kemunculan Rustriningsih sebagai kandidat PDI-P pada pilgub Jateng kali ini merupakan suatu kewajaran. Hal itu mengingat, mantan Ketua DPC PDI-P Kebumen dan Bupati Kebuman, Jawa Tengah, tersebut merupakan kader andal yang turut membesarkan partai berlambang banteng moncong putih ini.

Sementara itu, Hadi Prabowo dan salah satu kader PDI-P di DPR RI asli Karanganyar, Jateng, Ganjar Pranowo dinilai memiliki peluang memperoleh rekomendasi, walau tidak sebesar Rustriningsih.

Kemungkinan DPP PDI-P juga akan memasangkan Rustriningsih dengan kandidat calon wakil gubernur. Calon itu adalah Ikmal Jaya, kader PDI-P yang saat ini menjabat Wali Kota Tegal (2008-2013).

Perpaduan bakal calon yang memiliki basis Jateng bagian selatan dan utara, dengan kondisi bahwa Rustriningsih kuat dan mengakar di Jateng selatan dan Ikmal Jaya di pantura Jateng, dinilai sebagai kombinasi pasangan yang pas di samping faktor kader dan kapasitas yang sudah terbukti mampu memimpin pemda.

Wali Kota Tegal Ikmal Jaya, ketika dihubungi, mengatakan bahwa pihaknya memang terus berkomunikasi, baik dengan DPP PDI-P maupun Rustriningsih. Namun untuk menuju ke pilgub Jateng, dia tetap menunggu rekomendasi dari DPP PDI-P yang dikeluarkan oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum DPP PDI-P.

Komisi Pemilihan Umum Jateng telah menetapkan jadwal pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik mulai 27 Februari hingga 5 Maret 2013. Untuk itu, banyak kalangan memperkirakan DPP PDI-P akan memutuskan penetapan bakal calon yang akan diusung kemungkinan pada 6-15 Februari 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X