Kompas.com - 22/01/2013, 06:22 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,0 skala Richter mengguncang Kota Banda Aceh, Selasa (22/1/2013) sekitar pukul 05.22. Gempa yang terjadi bersamaan dengan datangnya azan subuh tersebut sempat membuat sebagian warga Banda Aceh dicekam kepanikan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 5,49 Lintang Utara dan 95,21 Bujur Timur, atau sekitar 15 kilometer barat daya Kota Banda Aceh. Kedalaman gempa tercatat 84 kilometer di bawah permukaan laut.

Sebagian warga Banda Aceh berhamburan keluar dari rumah saat gempa terjadi. Pada saat itu, suasana di kota tersebut masih gelap, sebagian warga masih terlelap tidur, dan sebagian lainnya tengah bersiap menunaikan shalat subuh.

"Gempa pagi ini terasa kencang dan agak lama. Getarannya agak lebih keras dibanding gempa pada 10 Januari 2013 lalu," kata Rizkika (29), warga Lampriet, Banda Aceh.

Selain di Banda Aceh, gempa juga dirasakan warga di Pidie, Lhokseumawe, hingga Aceh Timur.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.