Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banda Aceh Diguncang Gempa 6,0 SR

Kompas.com - 22/01/2013, 06:22 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,0 skala Richter mengguncang Kota Banda Aceh, Selasa (22/1/2013) sekitar pukul 05.22. Gempa yang terjadi bersamaan dengan datangnya azan subuh tersebut sempat membuat sebagian warga Banda Aceh dicekam kepanikan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 5,49 Lintang Utara dan 95,21 Bujur Timur, atau sekitar 15 kilometer barat daya Kota Banda Aceh. Kedalaman gempa tercatat 84 kilometer di bawah permukaan laut.

Sebagian warga Banda Aceh berhamburan keluar dari rumah saat gempa terjadi. Pada saat itu, suasana di kota tersebut masih gelap, sebagian warga masih terlelap tidur, dan sebagian lainnya tengah bersiap menunaikan shalat subuh.

"Gempa pagi ini terasa kencang dan agak lama. Getarannya agak lebih keras dibanding gempa pada 10 Januari 2013 lalu," kata Rizkika (29), warga Lampriet, Banda Aceh.

Selain di Banda Aceh, gempa juga dirasakan warga di Pidie, Lhokseumawe, hingga Aceh Timur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com