Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Air Jebol, Tembagapura Terendam Banjir

Kompas.com - 14/01/2013, 22:06 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com -- Curah hujan yang sangat tinggi di Kota Tembagapura, Kabupaten Mimika, mengakibatkan tanggul air dalam kota rusak dan menyebabkan banjir di beberapa lokasi kota Tembagapura.

Berdasarkan data yang dihimpun Kompas.com, akibat bencana ini, sejumlah fasilitas perkantoran di Tembagapura dan Rumah Sakit Tembagapura tergenang air, sehingga seluruh pasien harus dievakuasi ke Sport Hall.

Kejadian ini dibenarkan Ramdani Sirait, juru bicara PT Freeport Indonesia melalui pesan singkat bahwa insiden rusaknya tanggul air dalam kota berlangsung sekitar pukul 16.00 WIT. Seluruh karyawan sudah dievakuasi keluar bangunan kantor di Tembagapura. Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini.

Ramdani juga menjelaskan bahwa departemen teknis terus mengupayakan penanganan darurat atas insiden banjir dan senantiasa memprioritaskan keselamatan seluruh karyawan dan keluarganya di kota Tembagapura.

Tembagapura adalah kota yang terletak di ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Timika. Kota ini menjadi pusat permukiman dan perkantoran bagi pekerja tambang emas dan tembaga, PT Freeport Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com