Dahlan Iskan: Bandara Kualanamu Lebih Baik daripada Bandara Shanghai

Kompas.com - 12/01/2013, 09:44 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan inspeksi mendadak ke Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Sabtu (12/1/2013). Dari hasil inspeksi tersebut, menurut Dahlan, Bandara Kualanamu lebih baik daripada Bandara Shanghai. Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi mengungkapkan, Dahlan melakukan inspeksi mendadak sejak pukul 06.00 WIB.

"Menurut saya, bandara ini sangat bagus dari sisi ketinggian bangunan, tata letak, dan lain-lain. Bahkan, menurut saya untuk toilet lebih bagus dari Bandara Shanghai," kata Dahlan saat inspeksi, di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (12/1/2013). 

Namun, menurut Dahlan, bandara ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Di antaranya adalah tempat keberangkatan penumpang, di mana atapnya masih tempias saat hujan disertai angin. "Tapi ini akan diusahakan untuk diperbaiki," tambahnya.

Untuk menara tower, bagian navigasi dan radar juga dinilai sudah berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan pengisian avtur pada pesawat. Dahlan menilai, untuk pengisiannya, mobil tangki Pertamina tidak perlu mendekat ke badan pesawat. "Jika bandara ini selesai, maka bisa mengalahkan Bandara Makassar, bahkan Jakarta dan Surabaya karena finishing-nya sangat bagus," kata Dahlan.

Bahkan, Dahlan juga mengecek kondisi toilet bagi wanita. Menurutnya, fasilitas ini tergolong yang sensitif karena toilet wanita dianggapnya perlu pelayanan lebih dibandingkan toilet pria.

"Wanita kan bawa kosmetik, peralatan kecantikan dan lainnya. Makanya saya cek benar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.