Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses ke Desa-desa di Larantuka Makin Sulit

Kompas.com - 09/01/2013, 18:23 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

LARANTUKA, KOMPAS.com - Akses ke sejumlah desa di NTT makin sulit, menyusul hujan deras, yang menyebabkan sejumlah ruas jalan tanah sulit dilalui kendaraan.

Kepala desa Demondei, Kecamatan Wotanulumado, Flores Timur, Wenseslaus Woda di Larantuka, Rabu (9/1/2013) mengatakan, akses jalan ke Desa Demondei, Watodei, Beludua, dan desa-desa lain di Pulau Adonara yang masih berupa jalan tanah sulit dilalui kendaraan.

"Biasanya ojek sepeda motor bisa tembus, meski jalan buruk. Tetapi musim hujan seperti sekarang, sepeda motor pun tak bisa lewat. Jalan tanah sangat licin, terjadi longsor di beberapa titik, dan struktur jalan menanjak," kata Woda.

Warga desa kembali mengandalkan ternak kuda atau tenaga manusia untuk mengangkut barang hasil pertanian ke pusat pemasaran di Waiwerang, Baniona, Waiwadan, atau Larantuka.

Kondisi jalan desa sulit dilalui pada musim hujan, tidak hanya di Flores Timur tetapi menyeluruh di 20 kabupaten. Hanya jalan jalan di Kota Kupang masih dilalui kendaraan dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com