Kompas.com - 05/01/2013, 04:52 WIB

BIREUEN, KOMPAS.com — Terkait kasus penjualan manusia (human trafficking) yang dialami Nuraini, warga Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh, Polres Bireuen menegaskan akan mengungkap kelompok jaringan tersebut.

Ia mengharapkan informasi masyarakat untuk melaporkan apabila kasus serupa terjadi. Penegasan itu disampaikan Kepala Polres Bireuen AKBP Yuri Karsono, Jumat (4/1/2012). Kepolisian diakuinya fokus untuk mengungkap kasus penculikan di Bireuen dengan motif apa pun, termasuk perdagangan manusia.

"Kita akan ungkap kelompok-kelompok sindikat ini untuk mencari tahu ada atau tidaknya korban lain," ujarnya.

Informasi masyarakat, lanjut Kapolres, berharga bagi pengembangan kasus yang mulai terkuak atau kasus baru yang belum dilaporkan selama ini.

Pelaku penculikan Nuraini pada tahun 2011 yang kemudian menjualnya ke Malaysia adalah dua orang janda kini telah diamankan di Mapolres Bireuen. Kasus itu terungkap setelah korban kembali ke pangkuan kedua orangtuanya pada akhir 2012 seusai dideportasi dari Malaysia.

"Berkat laporan korban ke polisi ditambah pemberitaan media, penangkapan dua perempuan yang diduga terlibat kuat menjual korban berhasil ditangkap," tambah Kapolres.

Sejauh ini, pihaknya terus melakukan pengembangan kendati terhambat oleh sindikat penjualan antara satu dan yang lainnya. "Di sini kita harapkan kerja sama yang erat antar-pihak agar kasus ini segera tuntas," sebutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.