Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doel Sumbang Hadiahkan Lagu untuk Rieke-Teten

Kompas.com - 03/01/2013, 04:50 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Seniman pop sunda, Doel Sumbang, menghadiahkan lagu berjudul "Dongdang 5" untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat periode 2013-2018, Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki.

Lagu itu diluncurkan dan langsung dipersembahkan untuk pasangan Rieke-Teten pada acara "Malam Dongdang" persembahan seniman Jawa Barat untuk Ambu Rieke dan Abah Teten di New Majestic, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/1/2013) malam.

Lagu itu pun terdengar merdu dinyanyikan oleh Rieke Diah Pitaloka pada malam itu. Tepuk tangan dan sorak sorai riuh dari para penonton yang hadir. Menurutnya, lagu berjudul "Dongdang 5" ini dipersembahkan atas ungkapan Ambu Rieke dan Abah Teten yang sangat mencintai Jawa Barat.

Dongdang itu, kata Doel, memiliki penegasan yang berbunyi "Dongdang : Semangat, Dongdang : Bangun, Dongdang : Berfikir , Dongdang : Bekerja". "Mari kita dongdang semangat, bangun, berfikir, dan bekerja. Bukan berarti kendaraan perang untuk melawan musuh politik atau mengajak masyarakat Jabar untuk memilih. Tapi lagu ini saya sengaja buatkan untuk mengungkapkan rasa cinta Ambu Rieke dan Abah Teten dalam menjadikan Jawa Barat lebih baik," kata Doel kepada wartawan seusai mengisi acara.

Dikatakan Doel, lagu tersebut dibuat selama 2,5 jam dengan pembuatan video selama 2 hari. Doel berharap lagu tersebut populer, terutama di kalangan masyarakat Jabar.

"Kalau lagu itu populer, mungkin akan identik dengan Rieke dan akan mengingat Rieke pada malam hari ini saat lagu pertama kali diluncurkan," katanya.

Sementara itu, Rieke dan Teten sendiri mengaku senang dan mengucapkan banyak terima kasih atas persembahan lagu yang diberikan Doel Sumbang. Rieke mengaku tidak pernah menyangka akan dibuatkan acara semeriah ini.

"Awalnya saya diminta untuk menyanyikan sebuah lagu. Eh, tahu-tahu dibuatkan acara semeriah ini. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kang Doel Sumbang, terutama kepada seniman-seniman pop sunda. Kalau diuangkan saya tidak akan mampu membayar Kang Doel. Sudah tahu sendiri kan saya ini tidak punya modal," ungkapnya dengan nada canda.

Berikut kiriknya:

Dong Dang Dong Dang Geuning geus beurang
Gancang hudang Jawa Barat kudu midang Ambu hayang Jawa Barat subur Ambu hayang Jawa Barat makmur
Ambu hayang Jawa Barat masyhur Ambu hayang Jawa Barat mujur
Dong Dang Dong Dang Geuning geus beurang
Gancang hudang Jawa Barat kudu midang Ambu hayang Jawa Barat cageur Ambu hayang Jawa Barat bageur Ambu hayang Jawa Barat bener Pinter bari teu kabalinger....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com