Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Ragunan Tahun Ini Melebihi 100.000 Orang

Kompas.com - 01/01/2013, 17:18 WIB
Rafika Nurul Huda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut datangnya pergantian tahun, dari 2012 ke 2013, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) melakukan sejumlah pembenahan. Di antaranya penambahan petugas keamanan, penyediaan tempat sampah, dan petugas kebersihan. Hal itu untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang melebihi 100.000 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Humas TMR Wahyudi Bambang Prihantono. Pukul 12.00 WIB, jumlah pengunjung mencapai 85.000 orang. "Kalau perbandingan dengan tahun lalu, belum ada datanya. Tahun baru selalu seperti ini, mirip liburan lebaran, 100.000 lebih. Pengunjung paling banyak waktu 2010, yaitu 171.000 orang," kata Wahyudi Bambang Prihantono, Selasa, (1/1/2013).

Walaupun petugas kebersihan sudah disediakan dan tempat pembuangan sampah sudah ditempatkan di berbagai sudut, sampah-sampah terlihat berserakan di taman seluas 147 hektar itu. "Secara maksimal kami sudah berusaha agar Ragunan bersih. Tempat sampah sudah disediakan di mana-mana, petugas sampahnya juga. Sudah ada banner untuk edukasi agar buang sampah pada tempatnya. Tapi pengunjung sendiri enggak bisa sadar ya," kata Bambang.

Hal lain yang telah disiapkan adalah penambahan pintu, yaitu di pintu selatan. Ini untuk mengantisipasi banyaknya jumlah pengunjung TMR. Hal itu dilakukan dua tahun sekali, lebaran dan tahun baru. Karena antara pukul 12.00 WIB dan pukul 03.00 WIB, di semua pintu pasti padat.

Sampai saat ini, dari pantauan Kompas.com, pengunjung perlahan-lahan mulai meninggalkan Ragunan yang akan tutup pukul 16.30 WIB.

Berita terkait, baca :

TAHUN BARU DALAM HIBURAN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com