Kompas.com - 29/12/2012, 16:24 WIB
Penulis Ahmad Arif
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kombinasi hujan dan kerusakan daerah aliran sungai menimbulkan banjir di mana-mana. Kali ini banjir menerjang lima desa di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (28/12/2012) dan Sabtu (29/12/2012). Banjir juga terjadi di Pandeglang, Banten.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir melanda Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Tegal pada Jumat malam pukul 23.00 WIB. Banjir yang berasal dari luapan Kali Susukan ini surut tiga jam kemudian.

Banjir juga terjadi di Kecamatan Kramat, Tegal. Sebanyak 50 keluarga di tiga desa terendam banjir yaitu Desa Maribaya, Desa Kemuning, dan Desa Plumbungan. Banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Cacaban pada Sabtu dinihari, sekitar pukul 03.00 WIB. Hingga sekarang banjir belum belum surut.

Pada saat yang hampir bersamaan banjir merendam Desa Sidoharjo, Kecamatan Suradadi dengan ketinggian hingga 1,5 meter. Banjir belum surut hingga sekarang. Banjir berasal dari luapan Kali Cenang. Diperkirakan ada 2000 keluarga yang terendam banjir.

Sutopo juga menyebutkan, enam desa di Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Banten, juga dilanda banjir. Diperkirakan sekitar 3.500 rumah warga terendam banjir, yang tersebar di enam desa yaitu Desa Idaman, Cimoyan, Ciawi, Surianeun, Patia, dan Rahayu.

Berdasarkan pantauan radar BPPT, hingga pagi tadi masih terjadi hujan merata berintesitas rendah hingga tinggi di Provinsi Banten dengan massa awan yang tebal dan luas. Hujan berintensitas sedang saat ini terjadi di daerah Rangkasbitung, Maja, Pamarayan, Cikande dan lainnya.

Hujan tersebut berpotensi banjir masih meluas dan lebih tinggi genangannya. Karena itu masyarakat dihimbau untuk waspada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.