Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Kenaikan IHSG Sebelum Libur

Kompas.com - 21/12/2012, 08:16 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan mencoba untuk naik pada perdagangan terakhir pekan ini dan sebelum libur Natal di awal pekan nanti. Sentimen positif datang dari pergerakan bursa global yang naik pada penutupan tadi malam WIB.

Kemarin, Indeks Dow Jones ditutup naik 59,75 poin (0,45 persen) ke 13.311,72 setelah John Boehner menyatakan akan terus berusaha menemukan solusi terkait anggaran AS guna menghindari jurang fiskal (fiscal cliff).

Indeks S&P500 menguat 0,55 persen ke level 1.443 dan Indeks Nasdaq naik 0,20 persen ke level 3.050. Minyak light sweet diperdagangkan di level 90 dollar AS per barel di New York setelah membaiknya data pertumbuhan ekonomi.

IHSG kemarin ditutup turun 21,04 poin (0,49 persen) ke level 4.254,82. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler Rp 62,95 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli adalah SMGR, UNTR, TLKM, BMTR, dan AKRA. Mata uang rupiah terapresiasi ke Rp 9.655 per dollar AS.

Secara teknikal, menurut riset eTrading Securities, penurunan IHSG mengindikasikan IHSG akan mengalami kenaikan. Hal ini terlihat dari hammer candlestick yang terbentuk serta indikator RSI yang berpeluang bullish.

Pada perdagangan Jumat ini, IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran 4.240-4.290. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain MEDC, ENRG dan ASRI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com