Kompas.com - 17/12/2012, 19:50 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut (BPPL) Lampung menggandeng National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Amerika Serikat, untuk meneliti fenomena red tide di Teluk Lampung.

Muawanah, peneliti laboratorium di BPPL Lampung, Senin (17/12/2012), mengatakan, jika tidak ada halangan, sejumlah periset dari Bidang Toksin Maritim dari NOAA, AS, akan datang ke Indonesia untuk meneliti fenomena red tide atau meledaknya plankton yang mengakibatkan ribuan ikan di Teluk Lampung mati.

Menurut dia, red tide ini merupakan sebuah fenomena global, namun di Teluk Lampung baru pertama kalinya terjadi. Muawanah sempat berkorespodensi dengan peneliti di NOAA dan memastikan bahwa jenis plankton yang memicu pasang merah di Lampung adalah Cochlodinium polykrikoides.

"Sebelumnya saya tidak yakin jenis plankton apa itu. Lalu, saya kirimkan gambar sampel mikroskopik plankton yang ada di perairan Lampung itu. Mereka (NOAA) lalu mengatakan itu jenis C. polykrikoides," ujar Muawanah.

Penelitian lebih lanjut soal fenomena pasang merah itu tengah dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesawaran. Namun hingga kini belum diperoleh konfirmasi dari mereka. Para pejabatnya sulit dihubungi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.