Kompas.com - 30/11/2012, 20:49 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman, Supardi akan mempelajari dan menyelidiki kasus terkait kepemilikan KTP anak di bawah usia atas nama Prapdipta Wiku Wardana (16).

Kepemilikan KTP anak di bawah usia 17 tahun ini terungkap setelah petugas Kepolisian Polsek Depok Timur melakukan pengecekan surat-surat terkait kasus kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh Pradipta Wiku Wardana (16), Rabu (28/11) sekitar pukul 07.00 kemarin.

Kecelakaan itu terjadi saat Pradipta yang mengemudikan mobil Suzuki Karimun Nopol AB 1881 EN ditabrak pengemudi sepeda motor Yamaha Mio Soul Nopol AB 2305 U, Great Yamaha Dewantara (20) di Jalan Ring Road Utara sebelah timur Kampus UPN. Dewantara sendiri tewas di tempat akibat benturan keras di kepala.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman Supardi mengatakan, sesuai aturan memang setiap warga Negara Indonesia yang sudah menginjak usia 17 tahun wajib memiliki identitas diri (KTP).

"Aturannya sudah jelas dan tegas. Jika ada anak di bawah umur sudah punya KTP, itu jelas menyalahi aturan. Saya belum bisa berkomentar sebelum melihat berkas-berkas yang ada," terang Supardi kantor Dukcapil Sleman, Jumat (30/11/2012).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, Pradipta Wiku Wardhana hanya tercantum sebagai penduduk Sleman berdasarkan data akta kelahiran dan kartu keluarga. Dukcapil tidak pernah memproses pembuatan KTP atas nama yang bersangkutan.

"Saya belum bisa pastikan kebenaran dan keaslian KTP-nya. Saya juga belum bisa menyimpulkan apakah ada kesalahan birokrasi di bawah. Semua harus dipelajari lebih dulu dari pada nanti menimbulkan fitnah," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.