Kompas.com - 19/11/2012, 17:41 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAMBI, KOMPAS.com- Permintaan pasar akan minyak sawit terus menurun sejak sebulan terakhir. Hal itu mengakibatkan tangki-tangki penimbunan minyak sawit penuh. Sebagian pengusaha pun mulai menyetop pembelian buah sawit dari petani.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Provinsi Jambi Ahmad Karimuddin mengatakan, permintaan dari sektor hilir terus melemah. Sebagian buyer menyetop sementara pembelian minyak sawit mentah yang diproduksi dari Jambi. Akibatnya, hasil produksi sawit mentah banyak tertimbun dalam tangki-tangki penampungan.

"Tangki-tangki timbun minyak sawit telah penuh, baik di pabrik maupun di sekitar pelabuhan. Sebagian pengusaha mulai menyetop pembelian buah sawit ke petani," ujar Ahmad, Senin (19/11/2012).

Menurut Ahmad, sebagian pengusaha yang masih membeli buah sawit petani menekan harga dengan sangat rendah, jauh di atas harga kesepakatan yang masih di atas Rp 1.000 per kilogram. Harga di tingkat petani pada sebagian wilayah bahkan sudah mencapai titik terendah, yaitu Rp 400 per kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.