Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Anjlok, Pengusaha Stop Serap TBS

Kompas.com - 19/11/2012, 17:41 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com- Permintaan pasar akan minyak sawit terus menurun sejak sebulan terakhir. Hal itu mengakibatkan tangki-tangki penimbunan minyak sawit penuh. Sebagian pengusaha pun mulai menyetop pembelian buah sawit dari petani.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Provinsi Jambi Ahmad Karimuddin mengatakan, permintaan dari sektor hilir terus melemah. Sebagian buyer menyetop sementara pembelian minyak sawit mentah yang diproduksi dari Jambi. Akibatnya, hasil produksi sawit mentah banyak tertimbun dalam tangki-tangki penampungan.

"Tangki-tangki timbun minyak sawit telah penuh, baik di pabrik maupun di sekitar pelabuhan. Sebagian pengusaha mulai menyetop pembelian buah sawit ke petani," ujar Ahmad, Senin (19/11/2012).

Menurut Ahmad, sebagian pengusaha yang masih membeli buah sawit petani menekan harga dengan sangat rendah, jauh di atas harga kesepakatan yang masih di atas Rp 1.000 per kilogram. Harga di tingkat petani pada sebagian wilayah bahkan sudah mencapai titik terendah, yaitu Rp 400 per kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com