Pesawat Penjelajah Dunia Tiba di Yogyakarta - Kompas.com

Pesawat Penjelajah Dunia Tiba di Yogyakarta

Kompas.com - 07/11/2012, 18:56 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat Dakota DC3 yang pernah melakukan penjelajahan keliling dunia dari Inggris ke Selandia Baru kembali melakukan tapak tilas keliling dunia. Pesawat yang membawa 11 penumpang itu mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (7/11/2012) sekitar 13.30.

Pesawat Dakota DC3 take off dari Selatan Singapura langsung menuju Bandara Adisutjipto. Setelah dari Yogyakarta, rencananya pesawat yang dipiloti Christian Goezinne ini akan melakukan perjalanan ke Kupang esok hari, Kamis (8/11/2012).

"Ini adalah penerbangan ekspedisi napak tilas. Tujuh puluh enam tahun lalu penerbangan ini pernah dilakukan oleh Jean Batten ," kata Christian saat ditemui Kompas.com di Bandara Adisutjipto.

Jean pernah menjelajah dengan pesawat yang sama dari Inggris ke Selandia Baru selama 11 hari 45 jam. Lamanya penerbangan itu merupakan rekor dunia yang dipecahkannya selama 40 tahun.

Para kru dan penumpang pesawat dalam ekspedisi napak tilas adalah Christian Goezinne (Belanda), Phillipe A Jay (Perancis), Paul Bazeley, (Inggris), Mark Oremland (Hongaria), Faven Serge (Perancis), Leoni Catheline (Perancis), Peter Hill (Inggris), dan Pierre Padovani (Perancis).

Rencananya, seusai istirahat, para kru dan penumpang akan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang. "Borobudur pernah menjadi salah satu situs keajaiban dunia. Karena itu, kami ingin mengunjungi tempat tersebut sebelum besok melakukan perjalanan ke Kupang," ujarnya. (k75-12)

 


EditorFarid Assifa

Terkini Lainnya


Close Ads X