Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siaga Pulau Gunung Api Rokatenda

Kompas.com - 13/10/2012, 20:50 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Rokatenda di Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur dari Waspada menjadi Siaga, sejak Sabtu (13/10/2012) pukul 17.00.

Peningkatan status itu dilakukan seiring dengan meningkatnya aktivitas pulau gunung api dengan diameter 7,2 km ini.

Kepala PVMBG Surono mengatakan, sejak 12 Oktober 2012 terjadi peningktan gempa vulkanik dan hembusan asap berwarna putih kelabu setinggi 50 meter dari puncak Rokatenda. "Kami rekomendasikan agar tidak ada kegiatan masyarakat dalam radius 2 km dari puncak," kata Surono. "Masyarakat dominta tetap tenang dan belum perlu dilakukan pengungsian."

Rokatenda yang berada di Laut Flores merupakan pulau gunung api, yang dihuni sekitar 11.000 jiwa. Desa terdekat berjarak sekitar 2,5 dr puncak.

Pada masa lalu, gunung ini pernah meletus hebat dan letusannya mengakibatkan terjadinya tsunami yang mengakibatkan korban jiwa. Beberapa bulan lalu, Tim Ekspedisi Kompas sempat mendaki gunung ini.

Selain Rokatenda, menurut Surono. Gunungapi yang juga berstatus Siaga adalah Lokon, Soputan, Karangetang (Sulawesi Utara), dan Sangeangapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com