Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solidaritas Istri Menteri Gandeng RS Cicendo Tangani Katarak

Kompas.com - 12/10/2012, 19:20 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung menandatangani kerja sama dengan Solidaritas Ibu Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dalam penanggulangan kebutaan di Indonesia, Jumat (12/10/2012). Kerja sama ini bersamaan dengan peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Penandatanganan itu dilakukan di Rumah Sakit Mata Cicendo dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati, Wakil Menteri Kesehatan, serta perwakilan SIKIB. Menurut rencana, bakal diterjunkan tim bakti sosial yang akan berkeliling di berbagai daerah untuk menggelar pengobatan katarak gratis.

Direktur Utama RS Mata Cicendo Hikmat Wangsaatmadja menjelaskan, katarak paling banyak ditemukan di antara kasus kebutaan yang dapat disembuhkan di Indonesia. Prevalensi kasus kebutaan di Indonesia mencapai 1,5 persen atau lebih tinggi dari angka global, yakni 1 persen.

"Pada 2020, target kami adalah menurunkannya menjadi 0,5 persen," ujar Hikmat.

Bila populasi Indonesia mencapai 240 juta, artinya saat ini ada 3,6 juta orang yang mengalami kebutaan dan 80 persen di antaranya menderita katarak. Hikmat mengatakan, katarak bisa disembuhkan melalui operasi oleh dokter mata dan masyarakat seharusnya tidak ragu memeriksakan matanya begitu merasakan masalah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com