Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lautan Terang Akui Pasok Solar

Kompas.com - 10/10/2012, 14:06 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — PT Lautan Terang mengakui menjual solar kepada PT Ganda Sari Petra Mandiri. Namun, manajemen perusahaan itu tidak bersedia menjelaskan soal harga jual.

Direktur Utama PT Lautan Terang Herizaldi mengatakan, penjualan hampir setahun lalu. Kapal PT Ganda Sari Putra Mandiri (GSPM) membeli solar pada PT LT di Batam. "Kami siapkan solar nonsubsidi," ujarnya, Rabu (10/10/2012), saat dihubungi dari Batam, Kepulauan Riau.

Ia menegaskan, perusahaannya tidak tahu bagaimana PT GSPM menggunakan solar. Pihaknnya hanya melayani PT GSPM sampai batas pengisian solar ke kapal PT GSPM. Seperti diberitakan sebelumnya, gudang PT GSPM di Bintan disegel polisi, Selasa (25/9/2012) malam. Penyegelan itu menyusul hasil penyelidikan atas penyelewengan solar subsidi di Batam, Bintan, dan Tanjung Pinang.

Dalam dokumen yang diterima Kompas, PT GSPM mendapat solar dari PT Lautan Terang, Tri Tunas Mandiri, dan PT Batam Energi Persada (BEP). Tiga perusahaan itu memasok hingga 3,5 juta liter solar. Setiap liter solar dibeli maksimal Rp 7.700 per liter, sementara harga solar industri kala itu Rp 9.000 per liter.

Herizaldi mengaku tidak bisa menjelaskan soal apakah harga jual ke PT GSPM lebih rendah dari pasar atau tidak. Ia beralasan sedang di luar kota sehingga tidak bisa melihat data. Apalagi, penjualan terakhir dilakukan pada Februari 2012. "Apakah salah, dalam rangka promosi, kami menjual rugi?" ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com