Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Foke-Nara Akan Terus Kawal Penghitungan Suara

Kompas.com - 26/09/2012, 18:09 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim sukses pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, akan terus menunggu rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat provinsi secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Hari ini, Rabu (26/9/2012), telah dilaksanakan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten/Kota. Dari perolehan suara di enam wilayah, pasangan cagub dan cawagub Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama tampak mendominasi di wilayah Jakarta.

"Nanti kan tanggal 28 September 2012 baru ditetapkan. Kita akan lihat dulu. Setelah itu kan kami masih ada waktu tiga hari. Jika ternyata ada masalah, nanti akan kami tindak lanjuti. Yang jelas, kami akan kawal terus proses ini," kata Sekretaris Tim Sukses Pasangan Foke-Nara, Budi Siswanto, Rabu di Jakarta.

Budi juga membantah bahwa timnya langsung membubarkan diri ketika mengetahui hasil penghitungan cepat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Dalam sejumlah hitung cepat oleh lembaga survei, pasangan Jokowi-Basuki mengungguli pasangan Foke-Nara. "Belum ada pembubaran tim sukses. Jangan karena Pak Fauzi kalah, lalu kami bubar. Kami tetap kawal proses demokrasi yang berlangsung karena Jakarta ini kan milik kita semua," kata Budi.

Menurut hasil hitung cepat Litbang Kompas yang diambil dari 200 sampel tempat pemungutan suara, pasangan Jokowi-Basuki unggul dengan total suara 52,97 persen dari jumlah suara sah. Adapun pasangan Foke-Nara mengantongi 47,03 persen dari suara sah.

Sementara itu, menurut hasil rekapitulasi penghitungan KPU DKI tingkat kabupaten/kota, pasangan Foke-Nara memperoleh 474.298 suara di Jakarta Barat, sedangkan Jokowi-Basuki memperoleh 577.232 suara. Di Kabupaten Kepulauan Seribu, pasangan Foke-Nara meraih 8.794 suara, sedangkan Jokowi-Basuki mengantongi 3.178 suara.

Di Jakarta Utara, Foke-Nara mendapatkan 300.188 suara dan Jokowi-Basuki 432.714 suara. Di Jakarta Selatan, Foke-Nara merebut 476.742 suara, sementara Jokowi-Basuki meraih 507.257 suara.

Di Jakarta Timur, pasangan Foke-Nara lagi-lagi kalah dengan 611.366 suara dibanding 695.229 suara milik Jokowi-Basuki. Di Jakarta Pusat, Foke-Nara mendapatkan 249.427 suara, sedangkan Jokowi-Basuki memperoleh 256.529 suara.

Berita lain terkait Pilkada DKI Jakarta dapat dilihat di Liputan Khusus Jakarta1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com