Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temanggung Tilung Bersiap Sambut Presiden

Kompas.com - 25/09/2012, 13:10 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Lahan penerapan konsep rumah pangan lestari di Jalan Temanggung Tilung, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dirapikan. Kawasan itu ditata karena dijadikan lokasi puncak peringatan Hari Pangan Sedunia yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Sekretaris Panitia Daerah Hari Pangan Sedunia dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kalteng Efrensia P Umbing, Selasa (25/9/2012), lahan penerapan konsep rumah pangan lestari dulunya adalah hutan.

Presiden dijadwalkan membuka puncak peringatan Hari Pangan Sedunia pada 18 Oktober 2012. "Selain Presiden, turut hadir beberapa menteri, seperti Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta sejumlah duta besar negara sahabat," ujarnya.

Persiapan acara sudah dilakukan sejak dua bulan lalu. Lahan yang dijadikan lokasi acara tampak sudah ditumbuhi berbagai tanaman pangan, seperti singkong, ubi, kentang, ganyong, garut, dan labu.

Hari ini, tanah terlihat sudah tertata rapi yang dibagi menjadi beberapa blok. Jalan-jalan setapak dari semen sudah selesai dibuat. Luas kawasan itu sekitar 15 hektar (ha). Acara yang akan berlangsung hingga 21 Oktober mendatang diisi antara lain dengan gelar teknologi, lomba cipta menu, dan pameran dari beberapa bidang, seperti pertanian, perkebunan, perikanan, dan kehutanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com