Hujan Debu Gunung Lokon di Minut

Kompas.com - 21/09/2012, 21:19 WIB

MINAHASA, KOMPAS.com - Dampak meletusnya Gunung Lokon Jumat sore, membuat warga Minahasa Utara (Minut) terkejut, karena biasanya hujan air kini daerah itu dijatuhi debu yang tertiup angin hingga menyelimuti udara.

Warga yang sehari-hari bekerja sebagai anggota Provost Satpol PP Minut, Jefry Koloay, mengira hanyalah debu jalan, tapi pada akhirnya tahu bahwa dampak tersebut merupakan bawaan dari Gunung Lokon.

"Wah, hujan debu dan ternyata semburan debu Gunung Lokon sudah mencapai Minut," ujar Jefry, Jumat (21/9/2012).

Di sepanjang jalan Manado-Bitung baik anak sekolah, polisi yang bertugas di jalan, termasuk pengendara kendaraan sepeda motor maupun pejalan kaki, terlihat menutup hidungnya dengan peralatan alakadarnya.


Bahkan setiap kendaraan yang terparkir di pinggir jalan telah dipenuhi debu lokon. Keresahan masyarakat Minut makin terlihat ketika debu Gunung Lokon makin banyak, sehingga mereka berharap turun hujan untuk menghilangkan debu yang beterbangan.

Masyarakat berharap dinas terkait dapat menanggulangi keresahan masyarakat, khususnya Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulanagn Bencana Daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Minut, Sandra Rotti ketika dihubungi tidak berhasil karena adanya gangguan sinyal.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorBenny N Joewono
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X