Pesawat Ditemukan, Empat Penumpang Tewas - Kompas.com

Pesawat Ditemukan, Empat Penumpang Tewas

Kompas.com - 26/08/2012, 22:42 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com- Pesawat carter jenis Piper Navajo Chieftain PA31 yang dinyatakan hilang kontak sejak Jumat lalu akhirnya ditemukan tim SAR gabungan, pada Minggu petang, (26/8/2012). Lokasinya di Bukit Mayang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

"Pesawat ditemukan di Bukit Mayang, pada ketinggian 1.300 kaki, dan kemiringan bukit 70-80 derajat. Pesawat dalam keadaan terbakar berantakan, dan korban dalam kondisi terbakar," ujar Wakil Kepala Polda Kaltim Brigjen Rusli Nasution, di Bandara Temindung, Kota Samarinda, usai rapat, Minggu malam ini.

Tim menemukan pesawat dan korban pukul 17.25 Wita. Temuan kemudian dicek ulang, dan pukul 20.45 wita dipastikan memang benar. Rusli memastikan empat penumpang pesawat, meninggal.

Melihat kondisi pesawat, Rusli memperkirakan, pesawat menabrak bukit tersebut.

Pesawat carter jenis Piper Navajo Chieftain PA31 dengan nomer registrasi PK-IWH tersebut tengah melakukan survei pemetaan udara untuk kepentingan tambang. Pesawat carter ini bernomer registrasi PK-IWH, dengan kapten Marshal Basir. Tiga penumpang lain yakni Kapten Suyoto (sebagai pemandu), dan Janri Hendrizal.  Satu lagi penumpang, yakni warga Australia bernama Peter John Elliot.

Pesawat buatan tahun 1978 itu milik PT Intan Angkasa yang dicarter oleh Elliot Geophysics Internasional untuk melakukan pemetaan udara.


EditorMarcus Suprihadi

Close Ads X