Kompas.com - 20/08/2012, 21:06 WIB
Penulis Tri Harijono
|
EditorMarcus Suprihadi

CIREBON, KOMPAS.com- Pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), arus mudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, masih memadati jalur-jalur alternatif di Jawa Barat. Selain jalur alternatif Sadang- Kalijati-Kota Subang yang dipadati kendaraan roda empat, jalur alternatif Kadipaten-Majalengka-Sumber-Cirebon juga masih dipadati kendaraan pemudik hingga Senin malam.

Saat melintasi Kota Subang-Cikamurang, arus kendaraan pemudik memang tidak begitu padat. Namun sesampainya di Kadipaten, kemacetan mulai terasa. Ini disebabkan, Kadipaten menjadi titik pertemuan kendaraan dari arah Subang-Cikamurang-Kadipaten serta dari arah Bandung-Sumedang-Kadipaten.

Kemacetan semakin parah saat memasuki jalur alternatif Majalengka-Sumber-Cirebon. Kendaraan yang akan masuk pinto tol Ciperna  menuju Jawa Tengah terhadang kemacetan parah sejak Rajagaluh (Kabupaten Majalengka) hingga perempatan Cikalahang.

Kendaraan nyaris tidak bergerak. "Jarak lima kilometer harus ditempuh hampir dua jam. Padahal, biasanya tak sampai 15 menit," kata Arie Wibowo (24) yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU sekitar Cikalahang.

Meski puluhan polisi sudah diterjunkan, kemacetan hingga Senin malam masih terjadi. Selain jalur yang sempit, adanya tempat wisata di sekitar Telaga Remis dan Cikalahang juga turut andil menyebabkan kemacetan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.