Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Alternatif Masih Padat

Kompas.com - 20/08/2012, 21:06 WIB
Tri Harijono

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com- Pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), arus mudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, masih memadati jalur-jalur alternatif di Jawa Barat. Selain jalur alternatif Sadang- Kalijati-Kota Subang yang dipadati kendaraan roda empat, jalur alternatif Kadipaten-Majalengka-Sumber-Cirebon juga masih dipadati kendaraan pemudik hingga Senin malam.

Saat melintasi Kota Subang-Cikamurang, arus kendaraan pemudik memang tidak begitu padat. Namun sesampainya di Kadipaten, kemacetan mulai terasa. Ini disebabkan, Kadipaten menjadi titik pertemuan kendaraan dari arah Subang-Cikamurang-Kadipaten serta dari arah Bandung-Sumedang-Kadipaten.

Kemacetan semakin parah saat memasuki jalur alternatif Majalengka-Sumber-Cirebon. Kendaraan yang akan masuk pinto tol Ciperna  menuju Jawa Tengah terhadang kemacetan parah sejak Rajagaluh (Kabupaten Majalengka) hingga perempatan Cikalahang.

Kendaraan nyaris tidak bergerak. "Jarak lima kilometer harus ditempuh hampir dua jam. Padahal, biasanya tak sampai 15 menit," kata Arie Wibowo (24) yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU sekitar Cikalahang.

Meski puluhan polisi sudah diterjunkan, kemacetan hingga Senin malam masih terjadi. Selain jalur yang sempit, adanya tempat wisata di sekitar Telaga Remis dan Cikalahang juga turut andil menyebabkan kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com