Kompas.com - 08/08/2012, 09:04 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

SEMARANG, KOMPAS.com — Pada hari kesebelas (H-11) menjelang Lebaran, Rabu (8/8/2012) ini, kesiapan arus mudik sudah mulai tampak di sepanjang jalur pantura Jawa Tengah, mulai dari Brebes hingga Semarang. Salah satunya adalah ketersediaan rest area Jatisari, Subah, di ruas jalan Alas Roban, Plelen, di Kabupaten Batang, yang dinilai paling siap menjadi lokasi peristirahatan bagi pemudik dari arah barat.

Sekretaris Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah Ananta Aji, Rabu (8/8/2012), mengemukakan, lokasi peristirahatan menjadi sarana penting untuk menunjang keselamatan pemudik. Pasalnya, lintasan jalan di jalur pantura mulai Pekalongan-Batang jadi titik lelah bagi pemudik yang sudah menempuh perjalanan lebih dari 300 kilometer.

"Kami juga menyiapkan seluruh SPBU di jalur pantura menjadi lokasi peristirahatan, termasuk lokasi kawasan jembatan timbang di Brebes, Batang, Kendal, dan Tugu Semarang," kata Ananta Aji.

Khusus di jalur Alas Roban, Plelen, sejumlah lokasi peristirahatan juga sudah siap, seperti di Jatisari, Subah, rest area Adinusa, Pucungkerep, juga di SPBU Tulis.

Lokasi peristirahatan Jatisari Subah memiliki halaman luas berada di tengah hutan jati. Kawasan hutan jati itu kebetulan tepat di tepi jalur pantura Alas Roban. Di lokasi ini, udara sejuk dan teduh karena hijaunya pepohonan jati tua. Juga tersedia balai-balai bagi pemudik, terutama pengemudi untuk istirahat sejenak.

Meramaikan suasana di lokasi peristirahatan ini, juga banyak dijumpai penjual minuman, terutama kepala muda, yang menjadi ciri khas kawasan Alas Roban.

Jalur kawasan hutan Alas Roban dipastikan akan bersih dari truk besar yang parkir di tepi jalan ataupun truk yang lalu lalang di jalur jalan yang dipenuhi hutan jati. Hal ini sesuai ketentuan mulai H-4 hingga H+2, truk besar dan truk sedang pengangkut nonsembako dilarang melintas di jalur pantura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.