Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Jalanan Tembus Perguruan Tinggi Negeri

Kompas.com - 05/08/2012, 15:07 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com -  Tujuh siswa jalanan yang bersekolah di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insan Mandiri lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Mereka lolos setelah mengikuti beragam seleksi tahun ini. Semua siswa tersebut dari keluarga miskin yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Untuk menopang hidup, para siswa yang lulus perguruan tinggi ini sebagian harus bekerja di jalanan. "Kami turut bangga, bersyukur, terharu. Di tengah keterbasan mereka tidak menyerah sehingga dapat lolos masuk ke perguruan tinggi. Orangtuanya pasti banga, kami pun turut bangga," kata Nurrohim, pendiri dan pembina PKBM Bina Insan Mandiri, Minggu (5/8/2012) di Depok.

Delapan siswa ini antara lain Muhammad Muar, Mohamad Irvan, Dwi Wulansari, Alfis Syahrin, Bagus Pangke, Andika Febriansyah, dan Prayudo. Tahun lalu, tiga siswa Sekolah Master menembus perguruan tinggi negeri M Muar, Dodi Dores, Tuti Pujianti. M Muar kembali mengikuti seleksi karena masuk ke kampus sebelumnya melalui jalur mandiri.

Meski sudah lolos, mereka harus menghadapi persoalan baru yang tak kalah beratnya. Persoalan itu adalah biaya kuliah. Tidak satu pun dari delapan siswa ini mengaku beres. Mereka sedang berjuang dengan segala daya upaya mencari keringanan di kampusnya masing-masing.

Persoalan ini baru diketahui setelah masuk kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta Timur. "Biayanya lebih tinggi dari jalur reguler, biayanya terlalu berat. Saya memutuskan ikut seleksi lagi mengambil reguler," tutur Muar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com