Kompas.com - 03/08/2012, 09:30 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga kontrak emas mencatatkan penurunan terbesar dalam dua pekan terakhir. Pada pukul 13.55 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 1 persen menjadi 1.590,70 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. Ini merupakan penurunan paling besar untuk kontrak emas teraktif sejak 18 Juli lalu.

Penurunan harga emas terjadi setelah investor kecewa dengan pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengenai upayanya untuk memerangi krisis utang. Setelah menahan suku bunga acuan di level 0,75 persen, Draghi bilang bahwa penentu kebijakan akan melakukan operasi pasar terbuka dan menekan tingkat yield.

"Pelaku pasar kecewa dengan pernyataan Draghi. Hal ini yang kemudian menekan harga emas. Kita juga tak mendengar berita apa pun dari The Fed, kemarin," ungkap Adam Klopfenstein, market strategist Archer Financial Services Inc di Chicago.

Sementara itu, harga kontrak perak untuk pengantaran September turun dua persen menjadi 26,995 dollar AS per troy ounce di New York. Ini merupakan penurunan terbesar sejak 10 Juli lalu. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.