Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Alami Penurunan Terbesar dalam 2 Pekan

Kompas.com - 03/08/2012, 09:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga kontrak emas mencatatkan penurunan terbesar dalam dua pekan terakhir. Pada pukul 13.55 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 1 persen menjadi 1.590,70 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. Ini merupakan penurunan paling besar untuk kontrak emas teraktif sejak 18 Juli lalu.

Penurunan harga emas terjadi setelah investor kecewa dengan pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengenai upayanya untuk memerangi krisis utang. Setelah menahan suku bunga acuan di level 0,75 persen, Draghi bilang bahwa penentu kebijakan akan melakukan operasi pasar terbuka dan menekan tingkat yield.

"Pelaku pasar kecewa dengan pernyataan Draghi. Hal ini yang kemudian menekan harga emas. Kita juga tak mendengar berita apa pun dari The Fed, kemarin," ungkap Adam Klopfenstein, market strategist Archer Financial Services Inc di Chicago.

Sementara itu, harga kontrak perak untuk pengantaran September turun dua persen menjadi 26,995 dollar AS per troy ounce di New York. Ini merupakan penurunan terbesar sejak 10 Juli lalu. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com