Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lettu Paulus Adi Prakoso Dimakamkan TMP Solo

Kompas.com - 22/06/2012, 13:21 WIB
Sri Rejeki

Penulis

KARANGANYAR, KOMPAS.com- Jenazah Letnan Satu Paulus Adi Prakoso yang menjadi kopilot pesawat Fokker 27 yang jatuh di Halim Perdanakusuma, tiba di rumah duka yang merupakan rumah orang tuanya di Kleben, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah pukul 11.45, Jumat (22/6/2012).

Jenazah yang dibawa dengan pesawat dari Jakarta bersama jenazah Serma Sih Mulato tiba di Bandara Adi Soemarmo pukul 10.45 dan menjalani acara serah terima dari tim Halim Perdanakusumah kepada tim Adi Soemarmo. Sebelumnya, pesawat sempat singgah di Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

Istri almarhum Paulus, Katarina yang tengah hamil tujuh bulan anak pertamanya, beserta ibu dan bapak korban tampak terpukul dan dipapah saat berjalan dari mobil mereka yang berada di belakang mobil jenazah menuju rumah duka.

Sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti Solo, dilakukan perayaan ekaristi rekuiem dan pemberkatan jenazah Paulus. "Rencananya Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel (Pnb) Kusworo yang akan menjadi inspektur upacara saat pemakaman," kata Kapentak Lanud Adi Soemarmo Kapten (Sus) Juni Kurniawati.

Sebelumnya, kedatangan jenazah, keluarga Paulus telah menyiapkan pemakaman korban.

Jenazah Paulus rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Solo pukul 14.00, sedangkan jenazah Sih Mulato atas permintaan keluarga di makamkan di Taman Pemakaman Umum Kabal Malayo, Sukoharjo pukul 13.30.

Kedua gugur dalam tugas dan akan dimakamkan secara militer. Korban dikenal sebagai sosok terbaik di mata keluarga dan rekan masing-masing. "Cucu saya anaknya supel dan ceria," kata Soedjiyo, kakek Paulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com