Mahasiswa Pecinta Alam UI Gelar Pendidikan Anggota Baru

Kompas.com - 20/06/2012, 18:38 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

DEPOK, KOMPAS.com - Badan Khusus Pelantikan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (BKP Mapala UI), kembali membuka perekrutan anggota baru. Proses pendidikan tersebut biasanya dilakukan dua tahun sekali, dalam kurun waktu 12 bulan.

Setyo Ramadi, Ketua BKP Mapala UI 2012, Rabu (20/6/2012), di Depok, mengatakan, tahun ini pelaksanaan BKP Mapala UI sangat berbeda dengan BKP periode sebelumnya. BKP tahun ini memakan waktu jauh lebih padat dan singkat, hanya dalam tiga bulan, mulai 16 Juni hingga 16 Juli 2012.

Setyo menambahkan, serangkaian latihan tersebut bukan hanya memberi bekal teknis dasar bergiat di alam bebas kepada para calon anggota. Pelaksanaan BKP diharapkan mampu menumbuhkan sikap mandiri, berani mengambil keputusan, tekun, dan pantang menyerah dalam menghadapi segala tantangan.

"Harapan kami, khususnya pada BKP, diakhir kegiatan nanti para calon anggota bisa memahami dan merasakan hakikat dasar bergiat di alam bebas, yakni fun, safety and progress," kata Setyo.

Peserta antara lain melaksanakan kegiatan Telusur Goa Badan Khusus Pelantikan (BKP) Mapala UI, yang berlangsung pada 18-22 Juni 2012. Sebanyak 30 mahasiswa calon anggota dan 20 orang mentor dari Mapala UI ikut kegiatan ini.

Mereka akan dilatih kemampuan bergiat di alam bebas oleh pelatih-pelatih yang sudah berpengalaman dibidangnya, salah satunya Cahyo Alkantana. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Hikespi (Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia).

Untuk kegiatan lapangan, pembekalan teknik telusur goa kali ini berlangsung di kawasan karst Gunung Kidul, tepatnya daerah sekitar Jomblang, yaitu di Semanu, Desa Jetis Wetan, Jawa Tengah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X