Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita DBD di Kalsel Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 05/06/2012, 12:23 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kalimantan Selatan tahun ini naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Jika selama 2011 hanya ada 363 kasus penderita demam berdarah, pada 2012 hingga bulan Juni saja tercatat ada 658 kasus.

Penderita tersebar di sejumlah kabupaten, di antaranya Hulu Sungai Selatan sebanyak 158 kasus, Hulu Sungai Tengah 75 kasus, Banjar 87 kasus, Tabalong 56 kasus, dan Tanah Laut 35 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Rosihan Adhani di Banjarmasin, Selasa (5/6/2012), minta warga mewaspadai penyakit yang ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti ini mengingat di Kalsel banyak terdapat daerah rawa dan genangan bekas galian tambang.

Menurut Rosihan, dari 658 kasus, jumlah penderita meninggal mencapai 13 orang, yakni di Hulu Sungai Tengah sebanyak 5 orang, Banjar dan Banjarmasin masing-masing 3 orang, serta Banjarbaru dan Tabalong masing-masing 1 orang. Tahun lalu hanya ada delapan kematian, ujarnya.

Rosihan sendiri belum bisa memastikan apakah angka kasus demam berdarah tahun ini bisa melampaui tahun 2010. Saat itu terdapat 1.079 kasus dengan kematian mencapai 33 orang.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com