Buruh Pasuruan Tuntut UMK

Kompas.com - 01/05/2012, 14:18 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PASURUAN, KOMPAS.com — Sekitar 15.000 buruh di Pasuruan, Jawa Timur, turun ke jalan memperingati Hari Buruh Internasional, Selasa (1/5/2012). Mereka menuntut perusahaan di Pasuruan membayar upah pekerjanya sesuai dengan upah minimum kabupaten.

Mereka berasal dari tiga elemen, yaitu Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Serikat Pekerja Nasional, dan Serikat Buruh Muslim Indonesia. Mereka mengatasnamakan Koalisi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Pasuruan.

Belasan massa buruh ini memadati jalanan pantai utara Jawa Timur, tepatnya di wilayah Pasuruan. Para buruh itu menuntut sejumlah hal, seperti penghapusan sistem kerja waktu tertentu (outsourcing), meminta perusahaan memenuhi upah minimum kota/kabupaten (UMK), serta meminta pemerintah daerah menyelesaikan persoalan-persoalan perburuhan di Pasuruan, misalnya pemutusan hubungan kerja tanpa pesangon.

Dalam dengar pendapat dengan DPRD, beberapa waktu lalu, Asosiasi Pengusaha Indonesia mengaku ada 20 persen perusahaan di Pasuruan yang belum membayar pekerjanya sesuai UMK. "Kami menuntut semua perusahaan di Pasuruan membayar pekerjanya sesuai UMK," ujar Suryono, koordinator Koalisi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Pasuruan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.