Besok, Tiga Ribu Buruh di Medan Turun ke Jalan

Kompas.com - 29/04/2012, 20:54 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Memperingati hari buruh sedunia (May Day) yang jatuh pada 1 Mei 2012 nanti, Dewan Buruh Sumatera Utara (DBSU) akan turun ke jalan mulai esok hari, Senin (30/4/2012), hingga puncaknya pada Selasa (1/5/2012).

DBSU yang merupakan gabungan dari berbagai elemen di Sumut menyatakan tiga ribuan orang massa buruh akan memulai konvoi dan long march esok hari di tiga titik yaitu di Kawasan Industri Medan (KIM) Mabar, KIM Tanjung Morawa, wilayah Sunggal, dan kantor Walikota Medan.

Untuk Kota Medan, titik kumpul di lapangan merdeka lalu long march ke Uniland Plaza, dan terakhir di PT Indo Palapa di Jalan Ade Irma Suryani milik penguasa tanah Kota Medan, Beni Basri.

Para pengunjukrasa ini menuntut agar tanggal 1 Mei menjadi hari libur nasional, hapuskan sistem buruh kontrak (out sourcing), hentikan upah minimum, pemberangusan serikat buruh, tolak kenaikan BBM, nasionalisasikan perusahaan asing, hentikan perampasan tanah rakyat, tangkap dan adili koruptor, usut dan ungkap pelanggaran HAM, cabut Perda No. 3 tahun 2011 Kota Medan tentang Pajak Bumi dan Bangunan, serta tolak RUU pendidikan tinggi.

"Kami mengimbau agar seluruh buruh di Sumut untuk melakukan mogok massal untuk besok dan tanggal satu. Lalu bersolidaritas turun ke jalan," kata Bambang Hermanto selaku komando aksi, Minggu (29/4/2012).

Dia juga menjelaskan bahwa aksi ini juga diikuti kelompok masyarakat seperti petani, masyarakat Sari Rejo, Durin Tonggal, pengungsi asal NAD, dan mahasiswa. "Tidak tertutup kemungkinan ada kelompok masyarakat lain yang akan bergabung karena kita terus melakukan konsolidasi," tegasnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorHeru Margianto

    Close Ads X