Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi Air Datangkan 16 Pesawat Tahun Ini

Kompas.com - 13/04/2012, 10:37 WIB
Hendra Gunawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASI Pudjiantuti atau Susi Air tahun ini bakal mendatangkan sebanyak 16 unit pesawat. Armada pesawat dengan bentuk kecil tersebut dibutuhkan untuk ekspansi operasi maskapai tersebut.

Presiden Direktur Susi Air, Susi Pudjiastuti mengatakan, pesawat yang akan didatangkan adalah tipe  baling-baling seperti Cessna C208B Grand Caravan, Piaggio P180 Avanti, dan Pilatus PC-6 Porter.

Pesawat tersebut akan menjadi andalan maskapai tersebut untuk merealisasikan target omzet naik 20 persen. Omzet 2011 lalu sekitar Rp 200 miliar, tahun ini diproyeksikan menjadi Rp 240 miliar.

"Tahun lalu kita mengangkut 35-40 ribu penumpang, tahun ini yargetnya menjadi 50 ribu penumpang. Kita makin optimistis target omset tercapai karena memenangkan juga rute perintis  dengan pagu anggaran Rp 25 miliar di Kuasa Pemegang Anggaran (KPA) Kalimantan sebanyak 15 rute," ungkapnya.

Hingga akhir Maret 2012, Susi Air telah mengoperasikan sebanyak 47 unit pesawat  jenis Cessna C208B Grand Caravan, unit Pilatus PC-6 Porter,  Piaggio P180 Avanti,  dan helikopter.

Pesawat jenis Cessna selama ini dioperasikan untuk rute-rute antarkabupaten di pedalaman Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pesawat berkapasitas 12 kursi-14 kursi tersebut dipesan langsung dari Cessna Aircraft Company yang bermarkas di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Sementara Piaggio P180 Avanti adalah pesawat turboprop bermesin ganda dari Italia yang dibuat Piaggio Aero berkapasitas sembilan kursi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com