Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Lagi Surat Suara Selesai

Kompas.com - 05/04/2012, 02:57 WIB

Banda Aceh, Kompas - Hingga H-4 pemungutan suara Pemilu Kepala Daerah Aceh, kertas surat suara sudah didistribusikan ke masing-masing Komisi Independen Pemilihan kabupaten dan kota di Aceh. Ditargetkan, pada H-2 pendistribusian sudah selesai.

”Kami sudah mendistribusikan kertas suara sejak 27 Maret langsung ke KIP kabupaten dan kota. Hari ini (Rabu, 4/4) semuanya sudah beres. Kami tinggal mengganti kertas-kertas suara yang rusak di masing-masing daerah,” kata Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Syahputra, Rabu.

Ia menegaskan, tak hanya kertas suara, semua masalah logistik sudah terpenuhi. Rabu malam, KIP Aceh menggelar rapat untuk memastikan jumlah kekurangan surat suara.

Jumlah surat suara yang didistribusikan sesuai daftar pemilih tetap di Aceh ditambah 2,5 persen. Jumlah pemilih tetap dalam DPT sebanyak 3.244.680 orang, terdiri atas 1.600.854 pria dan 1.643.826 perempuan.

Tahapan Pilkada Aceh pada 4 April memasuki hari terakhir masa kampanye. Tanggal 5 April atau hari ini akan digelar debat kandidat pasangan calon di Hotel Hermes, Banda Aceh. Mereka adalah pasangan Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Darni M Daud-Ahmad Fauzi, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, dan Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf.

Lembaga survei Occidental Research Institute (ORI) merilis hasil survei pilkada. Dari 3.728 responden, 1.698 orang (46 persen) memilih pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf. Posisi kedua ditempati pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan (809 orang atau 22 persen). Pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah dipilih 282 orang (8 persen), Darni Daud-Ahmad Fauzi 186 orang (5 persen), dan Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah 142 responden (4 persen). ”Survei ini dilakukan selama 10 hari, sejak 10 Maret hingga 20 Maret 2012,” ujar Direktur ORI Maimun Lukman. (HAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com