Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Kapal Nelayan Tenggelam Dihantam Ombak

Kompas.com - 18/03/2012, 16:41 WIB
Rini Putri

Penulis

SINJAI, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh kapal nelayan asal Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan dikabarkan tenggelam setelah dihantam ombak saat sedang berada di perairan Pulau Salura, Sumba, Nusa Tenggara Barat. Demikian Petugas Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sinjai, Amal Ahsan yang dihubungi melalui telepon genggamnya, Minggu (18/03/2012) sore.

Amal yang saat ini tengah berada di Jakarta, menceritakan jika dirinya mendapat informasi dari pelaksana darat group KM Star Mild bernama Muhammad Nur, jika kapal nelayan yang berada di Sumba dihantam ombak besar.

Data sementara yang diperoleh Ahmal mencatat tujuh kapal yang dinyatakan tenggelam yakni KM Star Mild 01, 02, 03, 09, 05, Cahaya Madinah dan KM Bintang, sementara KM Star Mild 04, kondisi badan kapalnya dalam keadaan pecah sementara penumpangnya selamat. "Saya belum mendapat informasi nama-nama penumpangnya, ini baru data awal yang saya pegang. Yang jelas kapal-kapal nelayan itu dihantam ombak disaat para nelayan sedang mencari ikan di perairan Sumba. Mereka tidak mengira jika angin barat bisa datang, dari perkiraan mereka, jika angit barat sudah berlalu," jelas Ahmal.

Ahmal menambahkan, dari beberapa kapal yang tenggelam, beberapa penumpangnya selamat yakni Darwin dan beberapa nelayan lainnya belum diketahui keberadaannya. "Kita masih menunggu informasi lebih lanjut," jelasnya.

Ahmal berharap pemerintah Sumba agar bisa membantu para nelayan untuk merawat nelayan asal Sinjai yang dinyatakan selamat serta mengembalikan mereka ke kampung halamannya. Hingga kini, pemerintah Kabupaten Sinjai masih terus berupaya melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Sumba, agar dapat mengetahui keberadaan para nelayan yang sampai saat ini belum jelas keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com