Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran BLT Sebaiknya untuk Program Padat Karya

Kompas.com - 15/03/2012, 14:27 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Persatuan Perangkat Desa Indonesia Banyumas, Jawa Tengah, mengimbau pemerintah pusat untuk mengalokasikan dana bantuan langsung tunai pada program padat karya sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak. Selain bermanfaat, pola padat karya ini juga dapat mencegah terjadinya konflik di tengah masyarakat.

Pembina Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Banyumas Yoga Sugama, Kamis (15/3/2012), mengatakan, konflik yang muncul dari kecemburuan sesama warga juga akan mengendurkan kearifan lokal masyarakat berupa perilaku gotong royong.

”Mereka yang tidak mendapat jatah BLT tidak akan mau ikut kerja bakti, termasuk kegiatan yang diselenggarakan oleh desa. Jadi, intinya BLT itu justru membuat situasi desa yang telah kondusif menjadi kacau,” ujarnya.

Menurut dia, akan lebih baik jika anggaran BLT digunakan untuk memperluas perkebunan kelapa sawit dan pencetakan sawah di luar Jawa sehingga dapat memeratakan pembangunan. Nantinya masyarakat miskin di Pulau Jawa juga dapat ditransmigrasi ke wilayah tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com