Rumah Hancur Diterjang Ombak, Warga Mengungsi

Kompas.com - 11/03/2012, 14:45 WIB
Penulis Rini Putri
|
EditorGlori K. Wadrianto

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Warga korban banjir rob di pesisir pantai selatan Ujung Bulu, Bulukumba, Sulawesi Selatan terpaksa masih mengungsi ke rumah keluarga atau tetangga, Minggu (11/3/2012). Seperti yang diberitakan sebelumnya, ombak setinggi satu meter disertai dengan banjir rob merusak 39 rumah penduduk di wilayah tersebut. Empat lokasi yang mengalami rusak parah berada di dua RW, Kelurahan Ela-Ela, Kecamatan Ujung Bulu.

Thamrin (35), salah satu warga yang sebagian rumahnya rusak dihantam ombak mengaku memilih tinggal di rumah tetangga untuk sementara waktu. Pasalnya, sebagian tembok rumahnya runtuh dihantam ombak kencang. Dinding  rumah permanen itu rusak di bagian ruang tamu, hingga Thamrin harus mengevakuasi istri dan anaknya ke tempat yang aman.

"Ruang tamu saya sebagian tembok dan dindingnya sudah hilang. Memang kemarin ombak disertai dengan banjir rob, tiba-tiba datang sehingga warga menjadi panik," ujar Thamrin yang ditemui di rumahnya, Minggu siang.

Thamrin yang berprofesi sebagai buruh pembuat batu bata itu, hanya bisa pasrah dengan kondisi rumahnya yang kini rusak. Thamrin mengaku belum  mampu memperbaiki kembali rumahnya itu.

Kondisi serupa juga dirasakan Nurliah (40), salah satu warga yang bermukim di Jalan Cumi-Cumi Lr 3. Nurliah merupakan salah satu warga yang kondisi rumahnya rusak parah akibat dihantam ombak. Bangunan yang terbuat dari kayu, seperti kebanyakan rumah milik penduduk di kawasan ini tak kuat menahan ombak. Hampir semua bagian rumah Nurliah hilang diterjang ombak.

Pantauan Kompas.com, hingga pukul 15.00 WITA air laut Flores disertai dengan ombak tinggi sudah mulai kembali naik kepemukiman penduduk. Sementara itu, untuk mengantisipasi adanya banjir rob susulan,  Dinas Sosial sudah menyiagakan sejumlah petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bulukumba dengan membangun tenda darurat di beberapa titik di sekitar pemukiman penduduk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X